Guru Penggerak dalam Kurikulum Merdeka adalah sosok yang berperan sebagai pemimpin pembelajaran yang menginspirasi dan memfasilitasi peserta didik serta rekan-rekan guru untuk menerapkan metode pembelajaran yang lebih inovatif dan berfokus pada kebutuhan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peran Guru Penggerak dalam penerapan Kurikulum Merdeka di SDN Seberang Masjid 1 Banjarmasin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan melakukan wawancara kepada Guru Penggerak. Hasil penelitian menjelaskan bahwa Guru Penggerak berfungsi sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran, membantu guru senior dalam memanfaatkan teknologi, serta memberikan edukasi kepada orang tua mengenai sistem penilaian yang tidak menggunakan peringkat. Terdapat beberapa kendala yang dihadapi, seperti kesenjangan pemahaman teknologi di antara guru dan orang tua, serta perlunya perubahan pola pikir orang tua terhadap pendidikan. Solusi yang dapat diterapkan meliputi pelatihan berbasis komunitas, komunikasi yang intensif dengan orang tua, dan penerapan pembelajaran yang berbeda-beda sesuai kebutuhan peserta didik. Peran Guru Penggerak sangat penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan mendukung implementasi Kurikulum Merdeka secara efektif.
Copyrights © 2025