Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia
Vol. 4 No. 1 (2025)

Analisis Peran Sudut Baca dalam Membentuk Budaya Literasi Kelas V SD Negeri Wonoplembon 01

Afdhilla, Nisa (Unknown)
Musyarofah, Musta’inatul (Unknown)
Nirwasita, Paramesti (Unknown)
Lufiana, Rela (Unknown)
Fathurrahman, Moh. (Unknown)
Wahyuni, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran sudut baca untuk membentuk budaya literasi kelas V SD Negeri Wonoplembon 01. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Teknik pengambilan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Dengan teknik analisis data model Miles and Huberman meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan Verifikasi. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa program sudut baca memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan keterampilan membaca siswa melalui kegiatan literasi. Program sudut baca dapat meningkatkan minat baca dan mendorong kreativitas siswa. Dalam hal ini guru berperan penting dalam mengoptimalisasikan sudut baca sehingga memberikan kontribusi signifikan dalam membangun generasi pembelajar yang literat dan kritis sejak usia dini. Namun terdapat tantang yang dihadapi dalam program sudut baca ini yaitu koleksi buku yang kurang bervariasi. Buku yang disediakan cenderung monoton dan tidak diperbarui secara berkala. Adanya kendala tersebut, sekolah diharapkan dapat memperbarui dan menambah variasi koleksi buku di sudut baca secara teratur.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpi

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia is to provide a research medium and an important reference for the advancement and dissemination of research results that support high-level research in the fields Culture of Education and Social Science Research . Original theoretical work and ...