Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia
Vol. 4 No. 2 (2025)

Pengaruh Media Ular Tangga Aksara Jawa Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Ngaliyan 05

Pramesthi, Natali Sonya Widya (Unknown)
Septianingsih, Eva (Unknown)
Hastuti, Latifa Ratri (Unknown)
Sustriani, Sustriani (Unknown)
Martayasa, Diva Levina (Unknown)
Widodo, Susilo Tri (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran ular tangga aksara Jawa terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri Ngaliyan 05 Kota Semarang. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya pemahaman peserta didik terhadap materi aksara Jawa yang disebabkan oleh metode pembelajaran yang kurang menarik dan minimnya media interaktif. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi experiment tipe one group pretest-posttest. Sampel penelitian adalah 26 peserta didik kelas IV yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui tes pilihan ganda sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dari 46,15% (pretest) menjadi 83,65% (posttest). Uji paired sample t-test menghasilkan nilai signifikansi 0,000 (< 0,05), yang menunjukkan jika penggunaan media ular tangga aksara Jawa berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar. Selain meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap materi, media ini juga mampu menumbuhkan minat dan motivasi belajar. Media pembelajaran berbasis permainan seperti ular tangga terbukti efektif dan kontekstual dalam mendukung pelestarian budaya lokal melalui pembelajaran yang menyenangkan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpi

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia is to provide a research medium and an important reference for the advancement and dissemination of research results that support high-level research in the fields Culture of Education and Social Science Research . Original theoretical work and ...