Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran ular tangga aksara Jawa terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri Ngaliyan 05 Kota Semarang. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya pemahaman peserta didik terhadap materi aksara Jawa yang disebabkan oleh metode pembelajaran yang kurang menarik dan minimnya media interaktif. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi experiment tipe one group pretest-posttest. Sampel penelitian adalah 26 peserta didik kelas IV yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui tes pilihan ganda sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dari 46,15% (pretest) menjadi 83,65% (posttest). Uji paired sample t-test menghasilkan nilai signifikansi 0,000 (< 0,05), yang menunjukkan jika penggunaan media ular tangga aksara Jawa berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar. Selain meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap materi, media ini juga mampu menumbuhkan minat dan motivasi belajar. Media pembelajaran berbasis permainan seperti ular tangga terbukti efektif dan kontekstual dalam mendukung pelestarian budaya lokal melalui pembelajaran yang menyenangkan.
Copyrights © 2025