Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia
Vol. 4 No. 2 (2025)

Strategi Efektif dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Dasar Matematika Siswa Sekolah Dasar

Kharismayanda, Mardhiyah (Unknown)
Ketaren, Maya Alemina (Unknown)
Rahmawati, Siska (Unknown)
Nabilla, Nabilla (Unknown)
Rahmadani, Putri Suci (Unknown)
Fadhilah, Nabila Arbaa (Unknown)
Wenni, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2025

Abstract

Pemahaman konsep dasar matematika di tingkat Sekolah Dasar (SD) merupakan fondasi penting bagi keberhasilan siswa dalam menempuh jenjang pendidikan selanjutnya. Namun, banyak siswa menghadapi kesulitan dalam menguasai operasi dasar matematika serta menerapkannya dalam konteks kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi-strategi efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep dasar matematika siswa SD melalui metode studi literatur. Berbagai sumber ilmiah ditelaah untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab lemahnya pemahaman siswa, serta strategi pembelajaran yang telah terbukti efektif. Hasil kajian menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran kontekstual, pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi, dan pelatihan guru dalam pengajaran berbasis pemahaman konseptual sangat berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika. Selain itu, keberhasilan strategi tersebut juga dipengaruhi oleh kesiapan siswa, dukungan lingkungan belajar, dan persepsi positif terhadap pelajaran matematika. Dengan penerapan strategi yang tepat, siswa lebih mampu memahami konsep matematika secara bermakna dan aplikatif. Temuan ini diharapkan menjadi referensi bagi guru dan pengambil kebijakan dalam merancang pembelajaran matematika yang lebih efektif dan menyenangkan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpi

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia is to provide a research medium and an important reference for the advancement and dissemination of research results that support high-level research in the fields Culture of Education and Social Science Research . Original theoretical work and ...