Jurnal Visi Ilmu Pendidikan
Vol 17, No 2 (2025): Mei 2025

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATERI MENGENAL HEWAN LAUT BAGI ANAK USIA 5-6 TAHUN

Azizah, Nur Hana (Unknown)
Halida, Halida (Unknown)
Lukmanulhakim, Lukmanulhakim (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Aug 2025

Abstract

AbstractPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis augmented reality pada topik mengenali hewan laut untuk anak usia 5-6 tahun. Metode yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan (RD) dengan model pengembangan ADDIE, yang meliputi tahap persiapan melalui pengumpulan data, identifikasi masalah, studi pustaka, dan penetapan tujuan. Tahap perencanaan melibatkan desain konsep, penentuan spesifikasi, pembuatan konsep awal, dan pengembangan prototipe. Tahap pengembangan terdiri dari tes validasi oleh materi pelajaran dan pakar media, serta revisi berdasarkan saran ahli. Tahap implementasi meliputi uji coba lapangan dan penilaian menggunakan kuesioner, dilanjutkan dengan tahap evaluasi media pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata persentase validasi material sebesar 92,28% dan persentase validasi media sebesar 100,00%. Kuesioner kepraktisan pengguna di TK Islam Al Azhar 21 Pontianak mencetak rata-rata 96,67%, sedangkan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 3 Sintang mencapai 98,89%, dengan kategori "Sangat Layak".Kata Kunci: Augmented Reality, Media Pembelajaran, Hewan Laut, Anak Usia 5-6 TahunAbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis augmented reality pada materi mengenal hewan laut bagi anak usia 5-6 tahun. Metode yang digunakan adalah Research and Development (RD) dengan model pengembangan ADDIE, yang meliputi tahap persiapan melalui pengumpulan data, identifikasi masalah, studi literatur, dan penentuan tujuan. Tahap perencanaan mencakup perancangan konsep, penentuan spesifikasi desain, pembuatan konsep awal, dan pengembangan prototipe. Tahap pengembangan terdiri dari uji validasi oleh ahli materi dan media serta revisi sesuai saran ahli. Tahap penerapan meliputi uji lapangan dan penilaian menggunakan angket, diakhiri dengan tahap evaluasi media pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan persentase rata-rata validasi materi sebesar 92,28% dan validasi media sebesar 100,00%. Hasil angket kepraktisan pengguna di TK Islam Al-Azhar 21 Pontianak memperoleh skor rata-rata 96,67%, sedangkan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 3 Sintang mencapai 98,89%, dengan kategori "Sangat Layak".Kata Kunci: Augmented Reality, Media Pembelajaran, Hewan Laut, Anak 5-6 Tahun

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jvip

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Visi Ilmu Pendidikan published manuscripts on research in education, particularly related to teaching and learning, theory and practice in education, education policy, curriculum and materials development, education on culture and characters of nation, teacher education, and other relevant ...