SOCIETIES: Journal of Social Sciences and Humanities
Vol 5, No 1 (2025): SOCIETIES: Journal of Social Sciences and Humanities

Media Sosial dan Dinamika Pemerolehan Bahasa Siswa Taman Kanak-Kanak: Suatu Kajian Psikolinguistik

Nurrahma, Nurrahma (Unknown)
Gaffar, Muh. Syukri (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2025

Abstract

Perkembangan teknologi digital, khususnya media sosial, telah memengaruhi berbagai aspek kehidupan, termasuk pemerolehan bahasa pada anak usia Taman Kanak-Kanak (TK). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak media sosial terhadap perkembangan bahasa anak TK, baik dari segi kosakata, struktur kalimat, maupun interaksi sosial. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dengan menganalisis berbagai sumber terkait psikolinguistik, perkembangan anak, dan penggunaan media sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial dapat memberikan dampak positif dan negatif terhadap pemerolehan bahasa anak. Di satu sisi, media sosial dapat memperkaya kosakata anak melalui konten edukatif. Namun, di sisi lain, paparan konten yang tidak sesuai dapat menghambat perkembangan bahasa dan sosial anak. Oleh karena itu, peran orang tua dan pendidik sangat penting dalam mengawasi penggunaan media sosial agar dapat dimanfaatkan secara optimal untuk mendukung pemerolehan bahasa anak. Kata Kunci: media sosial, pemerolehan bahasa, anak TK, psikolinguistik 

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

societies

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

The principal purpose of this journal is to publish scholarly work in the Social Sciences in Education and Humanities (miscellaneous). The research that is published may take a theoretical or speculative model as well as statistical and mathematical. Contributions are welcome from all fields which ...