Jurnal Pendidikan Kimia Unkhair (JPKU)
Vol 5, No 1 (2025): Vol 5, No 1 (2025): Jurnal Pendidikan Kimia Unkhair (JPKU)

Analisis Hasil Belajar Siswa Kelas XI dalam Memahami Materi Ikatan Kimia di SMA Negeri 2 Tidore Kepulauan

Hasan, Asriyani (Unknown)
Sugrah, Nurfatimah (Unknown)
Umar, sudir (Unknown)
Ibrahim, Fitriana (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hasil belajar siswa dan faktor-faktor yang mempengaruhinya dalam memahami materi ikatan kimia pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Tidore Kepulauan Tahun Ajaran 2024/2025, yang didesain dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian adalah teknik sampling jenuh, di mana seluruh populasi dijadikan sebagai sampel yang berjumlah 25 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes dan non tes. Teknik tes yang digunakan berupa soal essay yang berjumlah 10 item, dan teknik non tes berupa angket tanggapan siswa yang berjumlah 15 item. Hasil analisis menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas XI SMAN 2 Tidore Kepulauan dalam memahami materi ikatan kimia terdistribusi dalam 3 kategori, yaitu kategori tinggi sebesar 65% untuk 2 siswa, kategori sedang sebesar 54% untuk 13 siswa, dan kategori rendah sebesar 25% untuk 10 siswa. Di lain pihak, faktor internal yang mempengaruhi hasil belajar siswa rata-rata berada di atas 44%, dan faktor eksternal rata-rata berada di atas 48%. ABSTRACTThis research was conducted to determine student learning outcomes and influencing factors in understanding chemical bonding material in class XI students of SMA Negeri 2 Tidore Kepulauan in the 2024/2025 academic year, which was designed with descriptive research. The sampling technique in the study was saturated sampling technique, in which the entire population was used as a sample of 25 students. The instruments used in this research were test and non-test techniques. The test technique used in the form of essay questions totaling 10 items, and non-test techniques in the form of student response questionnaires totaling 15 items. The results of the analysis showed that the learning outcomes of class XI students of SMAN 2 Tidore Islands in understanding chemical bonding material were distributed in 3 categories, namely the high category of 65% for 2 students, the medium category of 54% for 13 students, and the low category of 25% for 10 students. While internal factors that affect student learning outcomes are on average above 44%, and external factors are on average above 48%.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpku

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan Kimia Unkhair (JPKU) merupakan jurnal peer-reviewed yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Khairun. JPKU terbit 2 kali dalam setahun, yakni Edisi Juni dan Desember. Jurnal ini berisi artikel-artikel ilmiah ...