Jurnal Pendidikan Kimia Unkhair (JPKU)
Vol 4, No 2 (2024): Jurnal Pendidikan Kimia Unkhair (JPKU)

Desain Dan Uji Coba Media Pembelajaran Vir-Lab Pada Materi Asam Basa

Taher, Sarmilah A (Unknown)
Amin, Muhammad (Unknown)
Ibrahim, Fitriana (Unknown)
Limatahu, Nur Asbirayani (Unknown)
Sriwahyuni, Elsa (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2024

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat validitas media vir-lab pada konsep asam basa dan mengetahui tingkat kepraktisan media vir-lab pada konsep asam basa. Jenis penelitian ini adalah pengembangan RD dengan model ADDIE Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, Evaluasi. Subjek dalam penelitian ini adalah ahli media, ahli materi, guru dan siswa kelas XI MA Babang. Objek penelitian ini adalah media pembelajaran vir-lab. Teknik pengumpulan data dari angket uji validitas, uji praktikalitas dan uji respon siswa. Penelitian menghasilkan produk berupa media pembelajaran vir-lab yang layak untuk digunakan. Hasil penelitian menunjukkan tingkat validitas media oleh 2 orang ahli media masing-masing sebesar 92% (sangat valid), 96% (sangat valid), ahli materi 95% (sangat valid), tingkat praktikalitas oleh G1 97,7% (sangat praktis), G2 95,5% (sangat praktis), G3 93,5% (sangat praktis), G4 91,1% (sangat praktis), G5 97,7% (sangat praktis) dan uji respon siswa 94,24% bahwa media vir-lab berbasis aplikasi sangat praktis digunakan dalam pembelajaran. Kata Kunci:                Media, Vir-Lab, Asam BasaAbstractThis research aims to determine the level of validity of vir-lab media on the acid-base concept and determine the level of practicality of vir-lab media on the acid-base concept. This type of research is RD development with ADDIE Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation models. The subjects in this study are media experts, material experts, teachers and students of grade XI MA Babang. The object of this research is a vir-lab learning medium. Data collection techniques from validity test questionnaires, practicality tests and student response tests. Research produces products in the form of vir-lab learning media that are suitable for use. The results showed the media validity rate by 2 media experts each at 92% (very valid), 96% (very valid), material expert 95% (very valid), the level of practicality by G1 97.7% (very practical), G2 95.5% (very practical), G3 93.5% (very practical), G4 91.1% (very practical), G5 97.7% (very practical) and student response test 94.24% that application-based vir-lab media is very practical used in learning.Keywords:Media, Vir-Lab, Acid Base

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpku

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan Kimia Unkhair (JPKU) merupakan jurnal peer-reviewed yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Khairun. JPKU terbit 2 kali dalam setahun, yakni Edisi Juni dan Desember. Jurnal ini berisi artikel-artikel ilmiah ...