Keterbatasan fasilitas laboratorium konvensional mendorong perlunya alternatif inovatif dalam pembelajaran praktikum kimia. Salah satu solusi yang potensial adalah penggunaan Chemistry Laboratory Application berbasis digital. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi efektivitas penggunaan aplikasi Irydium Chemistry Lab dalam praktikum kimia dasar pada mahasiswa program studi pendidikan kimia. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif melalui wawancara, survei, dan observasi. Hasil menunjukkan bahwa meskipun aplikasi nonpraktikum telah umum digunakan, namun ternyata masih banyak mahasiswa yang baru mengenal aplikasi praktikum virtual. Mereka menilai Irydium mudah diinstal, ramah pengguna, dan membantu dalam memahami konsep dasar kimia. Temuan ini memberikan wawasan penting bagi pendidik dan pemangku kebijakan untuk mengoptimalkan penggunaan laboratorium virtual, baik di tingkat perguruan tinggi maupun pendidikan menengah melalui kegiatan PPL dan praktik mengajar di masa depan.
Copyrights © 2025