Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
Vol 5, No 1 (2025): Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Ramadhani, Anisa (Unknown)
Jaenudin, Jaenudin (Unknown)
Rahayu, Ilmiyati (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP yang dilakukan di kelas VII SMP Negeri 2 Solear Kabupaten Tangerang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain non-equivalent control group. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik Purposive Sampling pada sebuah populasi dengan 36 siswa pada kelas eksperimen dan 36 siswa pada kelas kontrol. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini ialah siswa kelas VII F sebagai kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dan siswa kelas VII G sebagai kelas kontrol yang menerapkan model pembelajaran konvensional.  Uji normalitas menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov terhadap data pretest pada kelas kesperimen menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,056 > 0,05 dan data posttest sebesar 0,004 < 0,05 sehinga yang berdistribusi normal hanyalah data pretest kelas eksperimen saja. Uji nonparametrik menggunakan Mann-Whitney pada data pretest kelas kontrol karena tidak berdistribusi normal. Hasil uji menunjukkan nilai signifikansi 0,351 ( diterima) yang berarti tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan awal kedua kelas. Untuk menguji hipotesis utama, dilakukan uji Mann-Whitney pada data posttest yang diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 ( ditolak) yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemecahan maslaah matematis siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) berpengaruh dalam meingkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

himpunan

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika aims as a medium of exchange of information and scientific works among the teaching staff and students on the field of Mathematics Education; Applied Mathematics; Mathematics Education, Technology, & Learning Evaluation; Etnomathematics. ...