Pembelajaran AKPK sendiri merupakan program penguatan pendidikan karakter Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta. Dengan mempelajari Kitab kuning, harapannya para siswa mampu memperdalam hasanah keilmuan keagamaannya, menambah ketakwaan dan keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, taat pada perintah Allah serta menjalankan ibadah sesuai tuntunan agama. Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini menggunakan pendekatan Participatory Action Research (PAR) yang bertujuan untuk menemukan potensi yang dimiliki oleh masyarakat dan mampu mendorong dan melakukan perubahan sesuai kemampuan yang dimiliki oleh masyarakat itu sendiri. Dengan menggunakan metode penemuan Apresiatif, penulis mengidentifikasi masalah dan menemukan potensi yang ada pada siswa-siswi di UPTD SDN 1 Cibukamanah kemudian melakukan pendampingan yang konsisten.Kitab yang dipelajari pada pembelajaran AKPK di UPTD SDN 1 Cibukamanah adalah kitab Safinah Najah yang membahas mengenai ilmu fiqih. Penulis menjelaskan secara rinci mengenai bab yang mewajibkan mandi besar dan fardhu mandi besar. Secara antusias para siswa menyimak pembahasan kitab Safinah Najah dimulai sejak pembukaan, dilanjutkan membaca kitab dengan melafalkan per kata dengan melafalkan perkata kitab Safinah Najah, maka siswa secara konsisten mampu memahami materi pembahasan secara lebih cepat dan mudah dipahami. Selanjutnya dengan menjelaskan materi secara lebih rinci, memungkinkan merangsang berfikir kritis terhadap materi, dibuktikan dengan banyaknya siswa yang bertanya terkait materi yang disampaikan penulis. Sehingga dapat dipastikan menambah pengetahuan keagamaan siswa secara lebih luas
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025