Jurnal Riset dan Penalaran Mahasiswa
Vol 3, No 1 (2025): Juni 2025

Model Pembelajaran Flipped PBL Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Prasetyo, Yogi (Unknown)
Yurniwati, Yurniwati (Unknown)
Nurjannah, Nurjannah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran Flipped Problem Based Learning (Flipped PBL) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan pengumpulan data tinjauan pustaka dengan menelaah dan menggali informasi dari artikel. Salah satu langkah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa adalah dengan menerapkan model pembelajaran PBL. Melalui PBL siswa diberikan masalah, berkolaborasi dalam kegiatan diskusi bersama kelompok, mengeluarkan ide dan pendapat untuk mencari pemecahan masalah. Berdasarkan tinjauan pustaka yang dikaji oleh peneliti ditemukan bahwa Flipped Classroom (FC) mempersiapkan siswa dengan lebih baik saat proses pembelajaran di dalam kelas dalam penguasaan informasi atau materi, keaktifan dan keterlibatan siswa. Beberapa hal itu tentu sangat mendukung pembelajaran PBL.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

rpm

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Riset dan Penalaran Mahasiswal (JRPM) is a scientific journal published by the Faculty of Economics and Business, Universitas Negeri Yogyakarta (FEB UNY). This journal aims to be a forum for publishing student research results in the fields of economics, accounting, and management, both ...