cover
Contact Name
Arief Nurrahman
Contact Email
ariefnurrahman@uny.ac.id
Phone
085100623824
Journal Mail Official
ukmpenelitiankristal@student.uny.ac.id
Editorial Address
Jl. Colombo No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Riset dan Penalaran Mahasiswa
ISSN : -     EISSN : 30629292     DOI : 10.21831
Jurnal Riset dan Penalaran Mahasiswal (JRPM) is a scientific journal published by the Faculty of Economics and Business, Universitas Negeri Yogyakarta (FEB UNY). This journal aims to be a forum for publishing student research results in the fields of economics, accounting, and management, both qualitative and quantitative. Objectives and Scope JRPM aims to: 1. Publish original and quality research results from students in the fields of economics and business. 2. Encourage the development of science and practice in the fields of economics, accounting, and management. 3. To be a means of scientific communication between students, academics, and practitioners in the fields of economics and business. The scope of this journal covers the following topics: 1. Financial Accounting 2. Sharia Accounting 3. Behavioral Accounting 4. Public Sector Accounting 5. Management Control Systems 6. Financial Management 7. Management Information Systems 8. Cost Management 9. Taxation 10. Education This journal is published twice a year, in June and December, with an average of five articles per edition. JRPM provides open access and has been indexed in Google Scholar, making it an effective platform for students to disseminate their research results at the national and international levels.
Articles 28 Documents
PENGARUH BIAYA USAHA, BIAYA LINGKUNGAN, KEPEDULIAN LINGKUNGAN TERHADAP IMPLEMENTASI GREEN ACCOUNTING UMKM BATIK BANTUL Rambe, Dzaki; Kusumawati, Annisa; Harahap, Risda Emilia; Martrifah, Yovi
Jurnal Riset dan Penalaran Mahasiswa Vol 2, No 2 (2024): Desember 2024
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat pemahaman biaya usaha, biaya lingkungan, dan kepedulian para pelaku UMKM Batik di Kabupaten Bantul Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta terhadap implementasi Green Accounting dalam produksi usaha mereka. Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya perhatian pelaku UMKM terhadap pencatatan biaya lingkungan dalam laporan keuangan, meskipun aktivitas mereka dapat berdampak signifikan pada lingkungan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui survei pada 30 UMKM batik di Yogyakarta dan dianalisis menggunakan SEM PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa biaya usaha (32,1%), biaya lingkungan (22,1%), dan kepedulian lingkungan (29,4%) secara signifikan mempengaruhi terhadap implementasi Green Accounting. Hal ini menunjukkan bahwa semakin besar pemahaman dan perhatian UMKM terhadap biaya dan kepedulian lingkungan, semakin baik penerapan Green Accounting dalam usaha mereka. Penelitian ini merekomendasikan pentingnya edukasi dan dukungan pemerintah untuk meningkatkan kesadaran lingkungan pada UMKM, serta perlunya penelitian lanjutan pada sektor UMKM lainnya untuk memperluas pemahaman tentang Green Accounting.
SELF-REGULATED LEARNING DAN LINGKUNGAN KAMPUS SEBAGAI SOLUSI MENINGKATKAN MINAT PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA BAGI MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA ANGKATAN 2018-2020 Rizqi, Saila; Diartyani, Agnesti Cahya; Wahdani, Andita Septianing; Ramadhan, Afandi Fajar
Jurnal Riset dan Penalaran Mahasiswa Vol 1, No 1 (2023): Desember 2023
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh self-regulated learning danlingkungan kampus terhadap minat Program Kreativitas Mahasiswa bagi mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta angkatan 2018-2020. Pengumpulan data dilakukan lewat kuesioner. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat analisis dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum 42,7%. Minat PKM Mahasiswa dipengaruhi oleh Self-Regulated Learning dan Lingkungan Kampus secara bersama-sama, selebihnya sebesar 57,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa hipotesis Self-Regulated Learning dan Lingkungan Kampus secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap peningkatan Minat PKM Mahasiswa Fakultas Ekonomi UNY angkatan 2018-2020” diterima.
PENGARUH FoMO, RISK TOLERANCE RETURN, ROLE OF CONTENT CREATOR TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI CRYPTOCURRENCY MAHASISWA Febriana, Annisa Nur; Affriliani, Hilda Evan; Deviyanti, Winda Dwi; Putri, Brillianti Almalika Kartika; Pramita, Anggun Widya; Nurrahman, Arief
Jurnal Riset dan Penalaran Mahasiswa Vol 2, No 1 (2024): Juni 2024
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh faktor psikologis dan informasi terhadap keputusan investasi cryptocurrency mahasiswa di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan Universitas Gadjah Mada (UGM). Variabel yang diteliti mencakup Fear of Missing Out (FoMO), Risk Tolerance Return, dan Role of Content Creator terhadap Keputusan Investasi Cryptocurrency Mahasiswa UNY dan UGM. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan survei terhadap 56 mahasiswa dari kedua universitas. Data dianalisis menggunakan regresi linear sederhana dan berganda untuk menilai pengaruh masing-masing variabel independen secara parsial dan simultan terhadap keputusan investasi mahasiswa. Hasilnya menunjukkan bahwa Risk Tolerance Return memiliki pengaruh terbesar secara parsial (45,7%), diikuti oleh Role of Content Creator (25,7%), dan FoMO (9,7%). Secara simultan, ketiga faktor ini memiliki pengaruh sebesar 50% terhadap Keputusan Investasi Cryptocurrency Mahasiswa UNY dan UGM. Temuan ini menggarisbawahi bahwa mahasiswa lebih mempertimbangkan risiko yang mampu mereka toleransi, namun juga terpengaruh oleh konten dari figur populer di media sosial. Hasil ini menegaskan pentingnya mengedukasi mahasiswa agar lebih bijak dalam menilai informasi investasi dari media sosial dan memahami batas toleransi risiko mereka sendiri. Penelitian ini juga memberikan wawasan bagi sektor pendidikan untuk mengembangkan program literasi keuangan yang fokus pada pengelolaan risiko dan pengambilan keputusan yang rasional di era digital.
PENGARUH KONDISI EKONOMI ORANGTUA DAN SELF EFFICACY TERHADAP KESIAPAN KERJA LULUSAN SMK AKUNTANSI Deviyanti, Winda Dwi; Mathahara, Mauliza Wahyu; Wibawa, Eka Ary
Jurnal Riset dan Penalaran Mahasiswa Vol 2, No 2 (2024): Desember 2024
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak kondisi ekonomi orang tua dan self-efficacy terhadap kesiapan kerja lulusan SMK Akuntansi. Dengan pendekatan kuantitatif, penelitian ini menggunakan metode survei dan analisis regresi untuk mengidentifikasi hubungan antara variabel independen (kondisi ekonomi orang tua dan self-efficacy) dan variabel dependen (kesiapan kerja). Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada siswa kelas akhir serta alumni SMK Akuntansi yang baru saja lulus. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kondisi ekonomi orang tua berpengaruh signifikan terhadap kesiapan kerja, dengan stabilitas keuangan keluarga mendukung akses pelatihan dan sumber daya yang relevan bagi dunia kerja. Selain itu, self-efficacy menunjukkan pengaruh positif yang lebih kuat, mengindikasikan bahwa keyakinan diri individu dalam menyelesaikan tugas dan menghadapi tantangan pekerjaan menjadi faktor kunci dalam kesiapan kerja. Kedua variabel ini bersama-sama memberikan pengaruh signifikan terhadap kesiapan kerja lulusan, dengan self-efficacy berperan sebagai mediator parsial antara kondisi ekonomi orang tua dan kesiapan kerja. Penelitian ini mengusulkan pentingnya pengembangan program untuk meningkatkan self-efficacy di pendidikan kejuruan serta pemerataan dukungan ekonomi untuk meningkatkan kesiapan kerja lulusan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pengambil kebijakan pendidikan dan keluarga dalam mempersiapkan lulusan SMK yang kompetitif di pasar kerja.
Pengaruh Perilaku Prokrastinasi Akademik Dan Stres Akademik Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta Selama E-Learning Anjani, Cantik; Rohimma, Dewi; Sari, Aninda Faradilla; Novitasari, Devi Puspa; Puspitasari, Rini
Jurnal Riset dan Penalaran Mahasiswa Vol 1, No 1 (2023): Desember 2023
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pandemi Covid-19 menyebabkan pembelajaran yang semula dilaksanakan secara tatapmuka menjadi online atau e-learning. Universitas Negeri Yogyakarta menyelenggarakan pembelajaran online atau e-learning ini melalui besmart atau platform lain yang mendukung. Dalam mencapai keberhasilan pembelajaran online, seringkali terhambat karena perilaku mahasiswa yang sering menunda-nunda tugas atau disebut prokrastinasi. Selain itu, tidak sedikit mahasiswa mengalami stress akibat perilaku tersebut sehingga mempengaruhi motivasi belajar selama e-learning. Mempertimbangkan dampak prokrastinasi yang ditimbulkan cukup signifikan maka, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian mengenai prokrastinasi akademik, stress akademik dan motivasi belajar. Apabila mahasiswa terus menerus berperilaku prokrastinasi atau menunda-nunda maka tekanan yang dialami mahasiswa akan bertambah dan akan berpengaruh terhadap kurangnya semangat belajar. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengetahui pengaruh perilaku prokrastinasi akademik dan stress akademik terhadap motivasi belajar mahasiswa FE UNY selama E-learning. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode kuantitatif dengan jenis penelitian ini termasuk ke dalam penelitian expost facto. Penelitian ini merupakan penelitian yang memiliki sifat expost-facto karena data yang digunakan merupakan data dari peristiwa yang telah terjadi atau berlangsung, sehingga peneliti hanya mengungkap fakta berdasarkan pengukuran gejala yang telah ada pada responden (Arikunto, 2010). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perilaku prokrastinasi akademik dan stress akademik terhadap motivasi belajar mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta selama e-learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa terdapat pengaruh antara Perilaku Prokrastinasi Akademik dan Stres Akademik secara bersama-sama terhadap Motivasi Belajar. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya pengaruh Perilaku Prokrastinasi Akademik dan Stres Akademik terhadap Motivasi Belajar sebesar 5,3%, selebihnya sebesar 94,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.
DAMPAK KEPUTUSAN PENDANAAN DAN STRUKTUR KEPEMILIKAN TERHADAP PENGUNGKAPAN GREEN ACCOUNTING DI PERUSAHAAN PERTAMBANGAN Rahmadhani, Angga Zulfa Alvian; Setyawati, Vita; Juliani, Dian
Jurnal Riset dan Penalaran Mahasiswa Vol 2, No 1 (2024): Juni 2024
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perubahan kondisi bisnis yang semakin dinamis, mendorong perusahaan untuk selalu bertransformasi, salah satunya untuk peduli dengan keberlanjutan ekonomi, lingkungan, dan sosial. Dengan demikian, green accounting dipandang sebagai solusi atas paradigma bisnis yang fokus terhadap keuntungan namun mengabaikan dampak sosial dan lingkungan. Penelitian ini berfokus untuk meneliti bagaimana keputusan pendanaan dan struktur kepemilikan berdampak terhadap pengungkapan green accounting dengan subjek penelitian 31 perusahaan terbuka sektor pertambangan yang listing di Bursa Efek Indonesia rentang waktu antara 2021 – 2023. Penelitian yang dilakukan berjenis kuantitatif dengan metode regresi micro panel. Hasilnya, menunjukkan bahwa perusahaan yang lebih mengandalkan pendanaan utang memiliki hubungan terbalik dengan pengungkapan green accounting. Sebaliknya, perusahaan yang lebih mengandalkan pada pendanaan ekuitas memiliki tingkat pengungkapan green accounting yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan perusahaan yang lebih mengandalkan pendanaan utang. Penelitian ini menunjukkan bahwa struktur kepemilikan berpengaruh positif dengan pengungkapan green accounting.
ANALISIS RASIO EFEKTIVITAS BELANJA SEBAGAI PENILAIAN KINERJA KEUANGAN SEKRETARIAT NEGARA 2014 - 2023 Deviyanti, Winda Dwi
Jurnal Riset dan Penalaran Mahasiswa Vol 2, No 2 (2024): Desember 2024
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pengelolaan keuangan Sekretariat Negara (Setneg) selama periode 2014–2023 melalui analisis rasio efektivitas belanja. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif menggunakan data sekunder berupa Laporan Anggaran dan Realisasi Belanja Setneg. Teknik analisis data melibatkan penghitungan rasio efektivitas belanja untuk menilai pencapaian tujuan dan sasaran anggaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar tahun dalam periode 2014–2023 menunjukkan kinerja efektif, dengan persentase efektivitas belanja di atas 90%. Namun, terdapat dua tahun, yaitu 2015 dan 2016, di mana kinerja berada pada kategori cukup efektif, dengan persentase masing-masing sebesar 81% dan 80%. Setelah 2016, terjadi peningkatan stabil dalam efektivitas pengelolaan keuangan, mencapai puncaknya pada tahun 2023 dengan rasio efektivitas 98%. Tren positif ini mencerminkan perbaikan signifikan dalam pengelolaan anggaran, yang didukung oleh evaluasi dan implementasi kebijakan keuangan yang lebih baik. Penelitian ini merekomendasikan penguatan pengendalian internal dan optimalisasi alokasi anggaran untuk meningkatkan efektivitas belanja pada masa mendatang. Hasil penelitian diharapkan dapat menjadi referensi dalam meningkatkan tata kelola keuangan di lingkungan pemerintahan, khususnya untuk mendukung prinsip transparansi, akuntabilitas, dan efektivitas.
ENGARUH KEAKTIFAN DALAM BERORGANISASI TERHADAP KOMPETENSI INTERPERSONAL DAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA LINGKUP ORMAWA FAKULTAS EKONOMI UNY Rahmi, Fairus; Pangesti, Sailendra; Syathiri, Balqis; Febriana, Ida
Jurnal Riset dan Penalaran Mahasiswa Vol 1, No 1 (2023): Desember 2023
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Organisasi mahasiswa sebagai kegiatan di tingkat perguruan tinggi mempunyai tujuan untuk menjadi wahana dan sarana pengembangan diri mahasiswa ke arah perluasan wawasan peningkatan ilmu dan pengetahuan, serta integritas kepribadian mahasiswa. Keikutsertaan mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta memberikan dampak pada sisi akademik maupun non-akademik. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengkaji bagaimana pengaruh keaktifan dalam berorganisasi terhadap kompetensi interpersonal dan prestasi belajar. Teknik yang dipergunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan memakai metode ex post facto yaitu penelitian dimana variabel-variabel bebas telah terjadi ketika penelitian mulai dengan pengamatan variabel terikat pada suatu penelitian. Pengurus aktif dari 11 unit kegiatan mahasiswa dan organisasi mahasiswa menjadi populasi objek penelitian ini di mana pemilihan sampel dengan metode convenience sampling. Teknik analisis data pada penelitian memakai teknik regresi sederhana yang diujikan ke dua hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh keaktifan dalam berorganisasi terhadap kompetensi interpersonal dan ada hubungan pengaruh keaktifan dalam berorganisasi terhadap dan prestasi belajar.
PENGARUH ETHICS, COMMUNICATION, DAN PROBLEM SOLVING TERHADAP TEAMWORK SISWA JURUSAN AKL SMKN 1 BANTUL Tatsniyah, Isma Rani; Aini, Nur; Wibawa, Eka Ary
Jurnal Riset dan Penalaran Mahasiswa Vol 2, No 1 (2024): Juni 2024
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perusahaan membutuhkan tenaga kerja yang memiliki keterampilan meliputi soft skill dan hard skill. Perkembangan dan inovasi teknologi dimasa revolusi industri 4.0 perusahaan membutuhkan lulusan siswa yang memiliki keterampilan 4 C yang meliputi Critical Thinking, Communication, Creative Thinking dan Collaboration. Etika, komunikasi, dan pemecahan masalah siswa sangat penting untuk mengoptimalkan kerja tim. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memastikan dampak etika, komunikasi, dan pemecahan masalah terhadap kerja tim. Kerja sama tim sebagai upaya mengkoordinasikan suatu pekerjaan untuk mempercepat menyelesaikan tugas. Desain penelitian ini merupakan penelitian kausal komparatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian terdiri dari 199 siswa, dengan sampel 133 siswa. Kuesioner digunakan sebagai teknik dan instrumen pengumpulan data. Validitas instrumen ditetapkan melalui EFA, sedangkan reliabilitas menggunakan rumus Alpha. Untuk menguji hipotesis penelitian, dilakukan analisis regresi berganda. Koefisien regresi R, yang berada di 0,673, ditambah dengan nilai Fhitung 35,512 dan nilai Sig. 0,000 0,05. Temuan ini menunjukkan pengaruh positif, dan signifikan dari etika, komunikasi, dan pemecahan masalah pada kerja tim. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa ethics, communication, dan problem solving memberikan dampak positif dan signifikan pada teamwork siswa. Selanjutnya, koefisien determinasi R2 = 0,452 menunjukkan bahwa 45,2% teamwork dipengaruhi oleh ethics, communication, dan problem solving, 54,8% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dieksplorasi dalam penelitian ini. Peserta didik harus mempertimbangkan ketiga faktor penentu teamwork ini, yaitu ethics, communication, dan problem solving. Untuk mengoptimalkan kerja tim, setiap siswa harus meningkatkan etika, komunikasi, dan pemecahan masalah.
Pengembangan Media Pembelajaran Nuntoon Berbasis Artificial Intellengence untuk Meningkatkan Literasi Keuangan Anak Wati, Anisa Mei Fadila; Mustikasari, Santi; Rahayu, Ratna Puji; Nurul, Mutiara
Jurnal Riset dan Penalaran Mahasiswa Vol 1, No 1 (2023): Desember 2023
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) yang dilakukan Otoritas Jasa Keuangan mencatat bahwa tingkat literasi keuangan di Indonesia tahun 2019 berada pada angka 38,03% (OJK, 2020). Salah satu upaya yang dapat ditempuh untuk meningkatkan kemampuan individu dalam hal literasi keuangan adalah dengan melakukan pendidikan literasi keuangan sejak dini. Penggunaan aplikasi literasi keuangan sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan literasi. Untuk itu, kami melakukan penelitian pengembangan research and development produk aplikasi literasi keuangan untuk siswa kelas V Sekolah Dasar dengan tujuan untuk 1) mengetahui langkah-langkah pengembangan media pembelajaran literasi keuangan berbasis artificial intelligence untuk anak-anak 2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran literasi keuangan berbasis artificial intelligence yang dikembangkan untuk anak, dan 3) Mengetahui dampak penggunaan media pembelajaran literasi keuangan berbasis artificial intelligence untuk anak.Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan menggunakan model APPED yang terdiri dari tahap analisis dan penelitian awal, perancangan, produksi, evaluasi, serta diseminasi. Pada tahap analisis dan penelitian awal dilakukan analisis kebutuhan, analisis siwa, analisis konsep, dan spesifikasi tujuan. Pada tahap perancangan dilakukan penyusunan materi comic strip, pemilihan media, pemilihan format, dan rancangan awal. Pada tahap produksi dilakukan pembuatan aplikasi sekaligus validasi dari ahli materi dan ahli media. Pada tahap evaluasi digunakan sebagai perbaikan penilaian produk sesuai arahan validasi materi dan validasi media. Pada tahap diseminasi dilakukan penggunaan produk terhadap siswa sekaligus mendaftarkan hak cipta melalui LPPM UNY. Subjek penelitian ini adalah sisswa kelas V SD Negeri 2 Padokan sebanyak 28 orang. Berdasarkan penilaian ahli materi dan ahli media skor rata-rata aspek materi adalah 3,89 (Layak) dan aspek media 3,92 (Layak). Selain itu, hasil penelitian ini tentunya memperoleh produk aplikasi literasi keuangan dan berdampak bagi siswa kelas lima sekolah dasar dikarenakan mendapatkan respon baik dari hasil kuesioner yang telah dilakukan sebesar 59,3% dari 28 responden.

Page 1 of 3 | Total Record : 28