KACANEGARA Jurnal Pengabdian pada Masyarakat
Vol 8, No 3 (2025): Agustus

Penguatan business model canvas untuk strategi branding dan packaging berdasarkan cost constraint di Desa Situ Udik

Prasetiyo, Yudhi (Unknown)
Wisnantiasri, Sila Ninin (Unknown)
Puspitasari, Nindya Farah Dwi (Unknown)
Zuhroh, Shufia (Unknown)
Hardiana, Nadhira (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2025

Abstract

Kecamatan Cibungbulang, Bogor bertujuan memperkuat keunggulan kompetitif UMKM melalui Business Model Canvas (BMC) untuk strategi branding dan packaging berbasis cost constraint guna memperluas penjualan di platform e-commerce. Mitra menghadapi kendala dalam menggali keunggulan kompetitif, pemasaran, dan kemasan produk yang kurang menarik, ditambah keterbatasan finansial dan kapabilitas SDM. Teknologi digital dan persaingan global semakin menekan produk lokal dengan brand image lemah. BMC, alat strategis yang mudah digunakan, membantu UMKM memahami sembilan elemen kunci bisnis, khususnya branding, packaging, dan pengelolaan biaya. Pelatihan ini berhasil meningkatkan kemampuan pelaku usaha menciptakan strategi branding dan desain kemasan yang menarik serta memanfaatkan platform e-commerce untuk menjangkau pasar lebih luas. Metode ini terbukti efektif mendorong daya saing produk lokal di pasar digital, menciptakan peluang pertumbuhan berkelanjutan, dan memperkuat posisi UMKM di tingkat nasional maupun internasional.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

KACANEGARA

Publisher

Subject

Education

Description

KACANEGARA Jurnal Pengabdian pada Masyarakat Adisutjpto merupakan jurnal pengabdian pada masyarakat yang digunakan untuk mempublikasikan hasil pengabdian pada masyarakat yang dilakukan oleh civitas academica. Kacanegara terbit setiap bulan Januari dan Juli ini memiliki ISSN Cetak dengan nomor ...