Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika (JIPM)
Vol. 6 No. 1 (2024): Edisi Oktober 2024

Penerapan Metode Pembelajaran Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Pokok Teorema Phytagoras

Rasul, A. (Unknown)
Subhanudin, Subhanudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui penerapan metode penemuan terbimbing untuk meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII.A SMP Negeri 7 Mimika Pada Materi Pokok Theorema Phytagoras, Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Taggart yang telah dilaksanakan selama tiga siklus. Setiap siklus terdiri perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.A SMP Negeri 7 Mimika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada Siklus I memperoleh nilai dari kemampuan yaitu 88% (kategori baik), sedangkan hasil tes pada siklus I ini hanya 12 (60%) siswa yang mencapai ketuntasan individu. Jika dilihat ketuntasan secara klasikal pada siklus ini juga belum tuntas karena terdapat 8 siswa (40%) belum mencapai kriteria ketuntasan klasikal, yaitu 80%. Pada siklus II yaitu 86,1% (kategori baik), sedangkan hasil tes pada siklus II ini hanya 16 siswa (80%) tuntas belajar pada materi pokok theorem phytagoras, sedangkan sebanyak 4 siswa (20%) kriteria ketuntasan klasikal, yaitu 80%. Pada siklus III III yaitu 97,2% (kategori sangat baik), sedangkan hasil tes pada siklus III ini hanya 18 (90%) sudah tuntas dan 2 siswa (10%) kriteria ketuntasan klasikal, yaitu 80%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

JIPM: Journal of Mathematics Learning Innovation is a journal published by the Mathematics Education Study Program of STKIP PGRI Sumenep, which contains articles from empirical studies or research related to teaching and learning in the field of mathematics and mathematics education. JIPM is ...