Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui penerapan metode penemuan terbimbing untuk meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII.A SMP Negeri 7 Mimika Pada Materi Pokok Theorema Phytagoras, Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Taggart yang telah dilaksanakan selama tiga siklus. Setiap siklus terdiri perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.A SMP Negeri 7 Mimika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada Siklus I memperoleh nilai dari kemampuan yaitu 88% (kategori baik), sedangkan hasil tes pada siklus I ini hanya 12 (60%) siswa yang mencapai ketuntasan individu. Jika dilihat ketuntasan secara klasikal pada siklus ini juga belum tuntas karena terdapat 8 siswa (40%) belum mencapai kriteria ketuntasan klasikal, yaitu 80%. Pada siklus II yaitu 86,1% (kategori baik), sedangkan hasil tes pada siklus II ini hanya 16 siswa (80%) tuntas belajar pada materi pokok theorem phytagoras, sedangkan sebanyak 4 siswa (20%) kriteria ketuntasan klasikal, yaitu 80%. Pada siklus III III yaitu 97,2% (kategori sangat baik), sedangkan hasil tes pada siklus III ini hanya 18 (90%) sudah tuntas dan 2 siswa (10%) kriteria ketuntasan klasikal, yaitu 80%.
Copyrights © 2024