Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tantangan yang dihadapi oleh guru dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di SDN Semangat Dalam 2 serta merumuskan strategi yang relevan dalam menjawab permasalahan tersebut. Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui studi pustaka dan wawancara mendalam terhadap kepala sekolah dan guru sebagai subjek utama. Hasil temuan menunjukkan adanya keragaman tingkat kesiapan dan pemahaman guru terhadap konsep dan pelaksanaan Kurikulum Merdeka yang berdampak pada ketidakkonsistenan di ruang kelas. Selain itu, keterbatasan sarana dan prasarana, rendahnya kompetensi teknologi di kalangan pendidik, kesulitan dalam penyusunan bahan ajar yang kontekstual, serta ketidaksesuaian kebijakan pendidikan menjadi hambatan signifikan. Penelitian ini merekomendasikan perlunya pelatihan yang berorientasi pada pemanfaatan teknologi, peningkatan infrastruktur pendidikan, serta dukungan kebijakan dan keterlibatan masyarakat guna memperkuat efektivitas implementasi Kurikulum Merdeka.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025