LEARNING : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 5 No. 2 (2025)

PENERAPAN FILSAFAT HUMANISME DALAM PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI

Fauziyah, Cicik (Unknown)
Nursalim, Mochamad (Unknown)
Susarno, Lamijan Hadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 May 2025

Abstract

This research abstract discusses the application of the philosophy of humanism in early childhood learning (ECD). The purpose of the study is to explore how the principles of humanism are applied in the context of children's education, emphasizing respect for human dignity and the development of children's full potential. The method used is qualitative research with a literature study approach, where data is collected through searching relevant sources such as journals, books and scientific articles. Data analysis was conducted through theme reduction and clustering, with triangulation techniques to ensure the validity of the information. The results show that the application of the philosophy of humanism in ECD involves child-centered learning, with attention to individual needs, both emotionally, socially, and intellectually. The learning process in PAUD focuses not only on cognitive development, but also on character building and moral values, such as honesty and empathy. Educators play an important role in creating an environment that supports children's holistic development, as well as providing freedom to explore according to their individual potential. In conclusion, the philosophy of humanism makes an important contribution to ECD learning that is inclusive and democratic, supports character building, and facilitates children's optimal personal development. ABSTRAKAbstrak penelitian ini membahas penerapan filsafat humanisme dalam pembelajaran anak usia dini (PAUD). Tujuan penelitian adalah untuk mengeksplorasi bagaimana prinsip-prinsip humanisme diterapkan dalam konteks pendidikan anak, dengan menekankan penghargaan terhadap martabat manusia dan pengembangan potensi anak secara menyeluruh. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi literatur, di mana data dikumpulkan melalui pencarian sumber-sumber relevan seperti jurnal, buku, dan artikel ilmiah. Analisis data dilakukan melalui reduksi dan pengelompokkan tema, dengan teknik triangulasi untuk memastikan validitas informasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan filsafat humanisme dalam PAUD melibatkan pembelajaran yang berpusat pada anak, dengan memperhatikan kebutuhan individu, baik secara emosional, sosial, maupun intelektual. Proses pembelajaran di PAUD tidak hanya berfokus pada perkembangan kognitif, tetapi juga pada pembentukan karakter dan nilai-nilai moral, seperti kejujuran dan empati. Pendidik berperan penting dalam menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan holistik anak, serta memberi kebebasan untuk bereksplorasi sesuai dengan potensi masing-masing. Kesimpulannya, filsafat humanisme memberikan kontribusi penting dalam pembelajaran PAUD yang inklusif dan demokratis, mendukung pembentukan karakter, dan memfasilitasi perkembangan pribadi anak secara optimal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

learning

Publisher

Subject

Education

Description

LEARNING : Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran diterbitkan 4 kali setahun (Februari, Mei, Agustus, dan November) oleh Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia (P4I) yang berada dibawah naungan Yayasan Insan Cendekia Indonesia Raya dan berafiliasi dengan Fakultas Ilmu Pendidikan ...