Indonesian Journal of Islamic Educational Review
Vol. 2 No. 2 (2025): Volume 2 Nomor 2 Juni 2025

Pengembangan Instrumen Evaluasi Pembelajaran Berbasis HOTS Berbantuan Aplikasi Quizizz Materi Pembelajaran Akhlak Terpuji

Andi Nursafna (Unknown)
Nursaeni (Unknown)
M. Zuljalal Al Hamdany (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji validitas, dan menilai kepraktisan instrumen evaluasi pembelajaran berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) berbantuan aplikasi Quizizz untuk materi Akhlak Terpuji pada siswa kelas VII C MTs Satu Atap Datok Sulaiman Palopo. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang meliputi tahap Development, Implementation, dan Evaluation. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan angket, lalu dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil validasi menunjukkan bahwa instrumen ini memiliki validitas sangat tinggi dari ahli media (83%), ahli materi (88%), dan ahli evaluasi (96%), serta validitas tinggi dari ahli bahasa (72,5%). Uji coba kepraktisan oleh siswa menunjukkan tingkat kepraktisan sebesar 98,3%. Berdasarkan hasil tersebut, instrumen evaluasi ini memenuhi kriteria valid dan praktis untuk digunakan sebagai media pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ijier

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences

Description

IJIER: Indonesian Journal of Islamic Educational Review is a scientific publication media managed and published by South Sulawesi Education Development (SSED) (Deed of Establishment of the Institution No. 32 dated July 17, 2009, by Notary Ina Kartika Sari S.H. - Decree of the Minister of Law and ...