Jejak digital: Jurnal Ilmiah Multidisiplin
Vol. 1 No. 4 (2025): JUNI-JULI

Pengaruh Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Tegak Bersambung Siswa Kelas 4 SDN Sukadame 2

Mirda Oktavia (Unknown)
Desty Endrawati Subroto (Unknown)
Suci Amelia (Unknown)
Rahmawati (Unknown)
Putri Ikmala (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dalam meningkatkan keterampilan menulis huruf tegak bersambung pada siswa kelas 4 SDN Sukadame 2. Penelitian dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif terhadap 35 siswa sebagai subjek penelitian. Hasil pengamatan awal menunjukkan sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam menulis huruf sambung, seperti tulisan yang tidak konsisten, ukuran huruf yang tidak seragam, serta keterbacaan yang rendah. Untuk mengatasi hal tersebut, peneliti mengembangkan LKPD kontekstual dan menarik yang melibatkan latihan bertahap dari huruf, suku kata, hingga kalimat. LKPD ini diuji coba dan diterapkan dalam pembelajaran selama tiga minggu dengan bimbingan guru. Hasilnya menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kerapian, konsistensi, dan keterbacaan tulisan siswa. Selain itu, siswa menunjukkan antusiasme tinggi dan motivasi intrinsik dalam berlatih menulis. Dengan demikian, penggunaan LKPD terbukti efektif dalam membantu mengembangkan keterampilan menulis tegak bersambung siswa sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jejakdigital

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Multidisiplin adalah jurnal elektronik dan cetak Open Access Journal yang diterbitkan oleh Indo Publishing setiap 6 kali dalam setahun menyediakan forum untuk mempublikasikan artikel penelitian asli, artikel review dari kontributor, dan berita teknologi baru mencangkup multidisiplin ...