Jurnal Kopendik
Vol 4 No 1 (2025): Maret

DIAGNOSIS OF SKILLS TO OVERCOME LEARNING BORING AT SMP NEGERI 22 PALEMBANG

Ajmalia, Yurida (Unknown)
Dwi Ramadhani, Salsyadila (Unknown)
Putri Nabila, Annisa (Unknown)
Jihan Alisah, Marsha (Unknown)
AR, Silvia (Unknown)
Lubis, Khadijah (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kejenuhan belajar pada siswa kelas VIII.I di SMP Negeri 22 Palembang dan mengidentifikasi strategi efektif untuk mengatasinya. Sebanyak 33 siswa mengerjakan kuesioner yang telah dibuat oleh penulis, yang hasilnya menunjukkan bahwa kejenuhan belajar dapat dikategorikan menjadi tiga tingkat: rendah (21,21%), sedang (54,55%), dan tinggi (24,24%). Faktor penyebab kejenuhan antara lain metode pengajaran yang tidak bervariasi, materi pelajaran yang kurang menarik, dan lingkungan belajar yang tidak mendukung. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan metode pembelajaran yang lebih interaktif dan partisipatif untuk mengurangi kejenuhan belajar. Dengan memahami tingkat kejenuhan dan faktor penyebabnya, sekolah dapat merancang intervensi yang lebih tepat guna meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil akademik siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

kopendik

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal KOPENDIK publishes articles on practice, theory, and research in all areas of Guidance and Counseling also education related to Guidance and Counseling which includes, but is not limited to : Personal Guidance and Counseling Social Guidance and Counseling Career Guidance and Counseling ...