Socratika
Vol. 2 No. 1 (2025): Socratika Januari 2025

Inovasi Media Kartu Bergambar Bermuatan Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf pada Siswa di Sekolah Dasar

Emilia Sari (Unknown)
Ahmad Munawir (Unknown)
Salam (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media kartu kata bergambar berbasis kearifan lokal pada materi pengenalan huruf untuk siswa kelas II di SDN 068 Manganan, Kecamatan Rongkong, Kabupaten Luwu Utara. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya minat dan pemahaman siswa terhadap huruf akibat penggunaan media pembelajaran yang kurang menarik dan tidak kontekstual. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan tahapan: analisis kebutuhan, desain produk, validasi ahli, revisi, dan uji kepraktisan. Data dikumpulkan melalui angket, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil analisis kebutuhan menunjukkan bahwa peserta didik membutuhkan media yang visual, berwarna, bergambar, dan kontekstual dengan lingkungan sekitar. Validasi oleh ahli materi dan ahli media menunjukkan bahwa media layak digunakan dengan beberapa perbaikan pada aspek tampilan. Uji kepraktisan oleh guru dan siswa menunjukkan bahwa media mudah digunakan, fleksibel, dan menarik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa media kartu kata bergambar berbasis kearifan lokal layak dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran pengenalan huruf di kelas rendah sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

socratika

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Socratika: Journal of Progressive Education and Social Inquiry adalah jurnal ilmiah yang berdedikasi untuk mengeksplorasi dan mendiskusikan topik-topik terkait pendidikan progresif dan penyelidikan sosial. Dengan fokus pada inovasi pendidikan dan analisis kebijakan pendidikan, jurnal ini bertujuan ...