Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan
Vol. 5 No. 1 (2025): Juni 2025 - Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan

Efektivitas Pelatihan Literasi Digital dalam Meningkatkan Kemampuan Identifikasi Hoax dan Produksi Konten Positif pada Siswa Kelas XI MA Taruna Al-Qur'an

'Aziizah, 'Aabidah Ummu (Unknown)
Maranti, Safika (Unknown)
Faatih, Ana Afsantin (Unknown)
Sari, Bekti Wulan (Unknown)
Salsabila, Unik Hanifah (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengukur efektivitas pelatihan literasi digital dalam meningkatkan kemampuan identifikasi hoax dan produksi konten positif pada siswa kelas XI MA Taruna Al-Qur'an. Siswa madrasah ini memiliki keterbatasan akses teknologi digital selama masa pendidikan, namun harus siap menghadapi dunia digital pasca kelulusan. Menggunakan desain pre-experimental (one-group pre-test-post-test), pelatihan dilaksanakan dengan pendekatan partisipatif-interaktif yang mengintegrasikan nilai-nilai Islam dalam literasi digital. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan pada pemahaman literasi digital siswa sebesar 40,9%, dengan peningkatan tertinggi pada kemampuan identifikasi hoax (48,6%) dan keterampilan membuat konten positif (48,2%). Temuan ini mengindikasikan bahwa pendekatan terintegrasi antara literasi digital dan nilai-nilai keislaman efektif dalam mempersiapkan siswa madrasah menghadapi tantangan dunia digital, sekaligus mempertahankan nilai-nilai akhlak mulia yang menjadi fondasi pendidikan madrasah. Lebih lanjut, 87% siswa berhasil menghubungkan konsep literasi digital dengan nilai-nilai Islam dalam praktik digital mereka, dan 85% siswa membagikan pengetahuan mereka kepada anggota keluarga, memperluas dampak pelatihan di luar kelas.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jitp

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan (E-ISSN: 2777-0680) is a scientific journal which publishes and disseminates the results of researches, deep studies, innovative thinking or work in information and communication technology (ICT) and educational technology. The focus of the journal is ...