Wahana Didaktika
Vol. 23 No. 1 (2025): Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan

Pemanfaatan Buku Digital Menggunakan Model Penguatan Literasi Digital Pada Siswa

Atika Sari, Jelita (Unknown)
Hidayad, Ferri (Unknown)
Pratiwi, Etty (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan buku digital menggunakan model penguatan literasi digital pada siswa kelas V SD Negeri 93 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri 93 Palembang. Sampel penelitian sebanyak 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, angket, serta dokumentasi. Dari hasil analisis yang dilakukan penulis, bahwa penerapan penguatan literasi digital pada siswa melalui buku digital, meliputi : pemahaman literasi digital, penggunaan teknologi, pemanfaatan buku digital, keterampilan digital siswa, dan dampak literasi digital terhadap pembelajaran bahasa Indonesia. Selanjutnya penulis melakukan penyebaran angket siswa dengan hasil akhir nilai rata-rata 88,04 dengan kriteria sangat baik. Dimana dalam penyebaran angket terdapat 17 siswa memiliki kriteria sangat baik dengan persentase 68%, 7 siswa memiliki kriteria baik dengan persentase 28%, dan 1 siswa dengan persentase 4% memiliki kriteria cukup.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

didaktika

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal wahana didaktika terbit setiap Januari, mei dan september Artikel-artikel yang diterbitkan dalam Jurnal Wahana didaktika termasuk hasil dari bidang penelitian kualitatif; konseptual; dan tinjauan literatur. Serangkaian penelitian yang meliputi Ilmu ...