Continuous Education : Journal of Science and Research
Vol. 6 No. 2 (2025): IN PRESS

Implementasi Pendidikan Antikorupsi pada Mata Pelajaran PPKn dalam Membina Karakter Jujur Siswa di SMP Negeri 17 Medan

Sitompul, Kristina Pujasari (Unknown)
Siagian, Liber (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2025

Abstract

Mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) memiliki potensi besar dalam mengintegrasikan pendidikan antikorupsi, mengingat materi yang dibahas terkait dengan nilai-nilai luhur Pancasila dan kewarganegaraan yang baik. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh observasi awal yang menunjukkan masih rendahnya karakter jujur siswa di SMP Negeri 17 Medan, yang ditunjukkan melalui perilaku seperti mencontek, saling menyalahkan, dan ketidakdisiplinan. Penelitian ini bertujuan untuk, mengetahui implementasi pendidikan antikorupsi dalam membina karakter jujur siswa di SMP Negeri 17 Medan. Mendeskripsikan hambatan dalam penerapan nilai-nilai pendidikan antikorupsi pada mata pelajaran PPKn. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan metode penelitian kualitatif. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru PPKn,  dan siswa siswi SMP Negeri 17 Medan. Teknik pengumpulan data melalui data primer dan data sekunder. Hasil penelitian yang diperoleh  menunjukkan bahwa pendidikan antikorupsi di SMP Negeri 17 Medan telah diintegrasikan dalam pembelajaran PPKn melalui materi, motivasi di awal pembelajaran, dan keteladanan guru. Pendidikan ini berperan penting dalam menanamkan nilai kejujuran, meskipun implementasinya masih menghadapi hambatan, seperti keterbatasan waktu, rendahnya partisipasi siswa, dan kurangnya dukungan lingkungan luar sekolah. Pendidikan antikorupsi dalam PPKn terbukti relevan dan strategis dalam membentuk karakter jujur siswa sebagai fondasi mencegah perilaku koruptif sejak dini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

josr

Publisher

Subject

Education Other

Description

Continuous Education Journal of Science and Research invites lecturers, scholars, researchers, and students to contribute the results of their studies and research in fields related to education, which include textual and field studies with various perspectives, Educational Management, Educational ...