Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IX setelah mengikuti pembelajaran dengan model outdoor modelling mathematics berdiferensiasi berdasarkan tingkat kemampuan pada materi bangun ruang sisi lengkung. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah menunjukkan kemampuan berpikir kreatif siswa setelah pembelajaran dengan model utdoor modelling mathematics berdiferensiasi dengan indikator kelancaran, berpikir luwes, berpikir orisinil dan elaborasi. Dimana siswa yang menjadi subjek penelitian ini kelas IX C SMP Negeri 22 Kota Jambi termasuk kedalam kategori sangat kreatif. Dimana subjek dapat mampu pada indikator kelancaran yang memuat memberikan ide dan menyelesaikan masalah yang diberikan dengan berbagai cara. Pada indikator berpikir luwes subjek mampu menafsirkan dan menganalisis masalah yang diberikan serta mampu menyelesaikan masalah dengan sudut pandang atau gagasan yang berbeda. Pada indikator berpikir orisinil siswa mampu menemukan sebuah ungkapan baru dan mampu menyelesaikan masalah setelah mendengarkan atau membaca suatu gagasan. Pada indikator elaborasi siswa mampu dalam menyelesaikan masalah dengan proses yang rinci serta telah mampu memberika tambahan stimulus sederhana agar penyelesaian menjadi lebih kompleks
Copyrights © 2025