de Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 8 No. 1 (2025)

PENERAPAN COMPUTATIONAL THINKING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DI SMA NEGERI 2 TONDANO

Regar, Vivian Eleonara (Unknown)
Nua, Vanesa Putri Jeivika (Unknown)
Runtu, Patricia (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Computational Thinking untuk meningkatkan pemahaman konsep di kelas XI SMA Negeri 2 Tondano pada materi matriks. Latar belakang penelitian ini ddasarkan pada rendahnya kemampuan siswa dalam memahami konsep dalam menyelesaikan soal kontekstual. Penelitian ini menggunakan pendekatan campuran (mix method) dengan dominasi kualitatif deskriptif. Data diperoleh dari lembar observasi, wawancara, pretest dan posttest serta dokumentasi kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep siswa setelah diterapkan pembelajaran berbasis CT Skill. hal ini ditunjukkan dengan peningkatan rata-rata skor pretest dari 33,75% menjadi 75,42% pada posttest, serta gain score rata-rata sebesar 0,61 yang termasuk kategori sedang. Penerapan Langkah-langkah CT seperti decomposition, pattern recognition, abstract, algorithmic thinking terbukti membantu siswa dalam Menyusun strategi penyelesaian soal secara sistematis. Selain iu, pendekatan ini juga meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa selama proses pembelajaran. Dengan demikian, pembelajaran matematika yang di integrasikan dengan Computational Thiking dinilai cukup efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi matriks.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

DEFERMAT

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Jurnal de Fermat adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Balikpapan. Terbit dalam dua kali setahun, yaitu pada bulan Juni dan Desember. ...