Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan suatu kemampuan untuk memahami, menyerap serta menafsirkan suatu kosep matematika. Dalam kegiatan pembelajaran diperlukan model pembelajaran dengan pendekatan yang sesuai agar memberikan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Studi ini dilaksanakan guna mencari tahu pengaruh model discovery learning dan inquiry learning menggunakan pendekatan Student Centered Learning (SCL) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis pada materi kesebangunan di kelas VII SMP Negeri 4 Kota Jambi. Penelitian ini memakai pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian berupa True Experimental Design. Populasi pada penelitian ini ialah semua siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kota Jambi dengan cluster random sampling sebagi teknik pengambilan sampel yang dipakai, dan diperoleh hasil kelas VII H, VII G, VII I sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data yang diterapkan yaitu soal tes dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran oleh guru dan siswa. Teknik analisis data yang digunkan adalah uji shapiro-wilk, uji Levene’s, uji ANOVA satu arah, dan uji Tukey dengan berbantuan IBM SPSS Statistics 25. Hasil analisis ANOVA menunjukkan nilai Asymp. Sig sebesar 0.000, dan nilai tersebut , sehingga ditolak, dan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model discovery learning dan inquiry learning menggunakan pendekatan Student Centered Learning (SCL) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP.
Copyrights © 2025