Penalaran matematis merupakan kemampuan berpikir logis, melakukan pembuktian, serta menarik kesimpulan dari suatu permasalahan matematika. Dalam meningkatkan kemampuan ini, diperlukan model pembelajaran yang efektif salah satunya adalah model kooperatif. Tipe model kooperatif yang digunakan dalam penelitian ini adalah tipe Numbered Heads Together (NHT) dan Think Pair Share (TPS) dikombinasikan dengan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model kooperatif tipe NHT dan model kooperatif tipe TPS dengan pendekatan RME terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas VII SMP. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif dengan true experimental design berbentuk posttest only control group design. Penelitian ini melibatkan siswa kelas VII di SMP Negeri 4 Kota Jambi sebagai populasi, dengan teknik cluster random sampling sehingga diperoleh kelas sampel yaitu VII A, VII B, dan VII E. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi aktivitas guru dan siswa serta hasil posttest. Analisis data menggunakan One Way ANOVA menghasilkan nilai Asymp. Sig sebesar 0,004 < 0,05 yang menunjukkan bahwa diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh signifikan model kooperatif tipe NHT dan model kooperatif tipe TPS dengan pendekatan RME terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas VII SMP.
Copyrights © 2025