Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol. 2 No. 4 (2025): July

Pemanfaatan Media Pembelajaran Puzzle dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini di TK Marina Permai

Alika K, Hestia (Unknown)
J.H, Handriani (Unknown)
Nataleni, Lisa Savatri (Unknown)
Salini, Salini (Unknown)
Veronika, Selvia (Unknown)
Yusup, Wirastiani Binti (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji secara mendalam pemanfaatan media pembelajaran puzzle dalam meningkatkan kemampuan kognitif di TK Marina Permai, Kota Palangka Raya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan puzzle mampu meningkatkan kemampuan anak dalam hal pengamatan visual, pengenalan pola, berpikir logis, pemecahan masalah. Anak-anak juga menunjukkan peningkatan dalam konsentrasi, ketekunan, dan rasa percaya diri saat menyelesaikan puzzle. Strategi yang diterapkan guru disesuaikan dengan usia dan kemampuan anak. Puzzle tidak hanya menjadi media pembelajaran yang menyenangkan, tetapi juga mampu mendukung perkembangan emosional dan sosial anak melalui kegiatan bermain yang interaktif. Temuan ini menunjukkan bahwa media puzzle merupakan alat yang efektif dalam menciptakan pembelajaran yang kontekstual, bermakna,dan sesuai dengan tahap perkembangan anak usia dini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

paud

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ISSN 3026-4081 is a scientific journal published by Indonesian Journal Publisher. PAUD publishes four issues annually in the months of October, January, April, and July. This journal only accepts original scientific research works (not a review) that have not ...