Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 10 No. 2 (2025): Mei

Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan E-Modul Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik

Janati, Janati (Unknown)
Kosim, Kosim (Unknown)
Nisrina, Nina (Unknown)
Sutrio, Sutrio (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 May 2025

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan kompetensi esensial abad ke-21 yang harus dimiliki peserta didik, terutama dalam pembelajaran fisika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantuan e-modul terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik di SMAN 2 Woha. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen yang menerapkan model PBL berbantuan e-modul dan kelas XI MIPA 1 kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan dalam kemampuan berpikir kritis peserta didik pada kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol, dengan nilai rata-rata posttest masing-masing 82 dan 74. Uji hipotesis menggunakan Mann-Whitney U menunjukkan nilai signifikansi 0,001<0,05, yang berarti terdapat pengaruh positif dari penerapan model PBL berbantuan e-modul terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa inovasi dalam pembelajaran fisika melalui model PBL berbantuan e-modul dapat meningkatkan keterlibatan dan kemampuan berpikir kritis peserta didik

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...