All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety
Vol 5, No 2: Juni 2025 Part 2

Strategi Guru dalam Mengatasi Perilaku Bullying di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kota Pangkalpinang

Pratama, Rizki (Unknown)
Purwanto, Tinggal (Unknown)
Rada, Rada (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi guru dalam mengatasi perilaku bullying melalui Strategi pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kota Pangkal Pinang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi (sebagai data penunjang) yang bersumber dari Kepala Madrasah, guru kelas, guru PAI dan siswa selaku korban bullying. Uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat bullying dalam bentuk fisik dan verbal pada siswa/siswi akan tetapi lebih banyak yang melakukan bullying verbal di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kota Pangkal Pinang karena mudah untuk dilakukan. Madrasah telah melaksanakan berbagai strategi pada siswa kelas tinggi maupun kelas rendah dengan pendekatan berbasis program anti bullying dan budaya sekolah. Strategi guru dalam mengatasi perilaku bullying melalui berbagai cara serta kebijakan yang dibuat pada siswa kelas tinggi maupun rendah ialah dengan Pembiasaan dan penanaman karakter yang baik, Membentuk nilai persahabatan antar siswa, Memotivasi siswa untuk memiliki jiwa sosial, aktif dan berprestasi, Bimbingan secara kelompok dan individu, Memberi peringatan dan hukuman kepada pelaku bullying, Melakukan sosialisasi perilaku bullying, Melibatkan orang tua dalam proses pencegahan bullying dan Program anti bullying seperti spanduk dan poster di lingkungan Madrasah. Adapun Pola Strategi guru dalam mengatasi perilaku bullying di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kota Pangkal Pinang yaitu Menenangkan yang melapor, Menenangkan yang dibulli serta memanggil pembulli dan Menemukan mereka dalam satu tempat atau tidak menemukan mereka dan menemukan mereka dalam satu tempat lalu menyuruh mereka berdamai di akhir. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa strategi guru dalam mengatasi perilaku bullying melalui strategi pada siswa kelas tinggi dan rendah telah terlaksana dengan baik, guru diharapkan dapat menjadikan siswa berperilaku baik, terjauhi dari bullying serta menerapkan nilai-nilai karakter baik di kehidupan sehari-hari.

Copyrights © 2025