All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety
Vol 5, No 2: Juni 2025 Part 2

Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Berbantuan Video Animasi terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 11 Mendo Barat

Maulidia, Maulidia (Unknown)
Nugroho, Fandi (Unknown)
Pitriyana, Sisi (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2025

Abstract

Rendahnya prestasi siswa dalam PPKn, khususnya materi Keberagaman Budaya Bangsa, disebabkan oleh keterbatasan keterlibatan siswa dan pendekatan yang berpusat pada guru. Penelitian ini menganalisis pengaruh model Project Based Learning (PjBL) berbantuan video animasi terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 11 Mendo Barat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain One Group Pretest Posttest. Sampel terdiri dari 33 siswa kelas IV SDN 11 Mendo Barat yang diambil menggunakan teknik sampling jenuh. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar sebelum dan sesudah penerapan model PjBL berbantuan video animasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada hasil belajar siswa, dengan skor rata-rata pretest 10,88 dan posttest 13,94. Uji hipotesis menunjukkan thitung 4,196 ttabel 1,694 dan p-value 0,000 0,05, membuktikan pengaruh positif model PjBL terhadap hasil belajar siswa.

Copyrights © 2025