Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pembelajaran mikro (micro teaching) dalam meningkatkan kompetensi mengajar mahasiswa calon guru, yang mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Pembelajaran mikro merupakan metode latihan mengajar dalam skala kecil yang bertujuan membentuk keterampilan dasar sebelum calon guru terjun ke dunia nyata pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi literatur dengan menelaah berbagai sumber ilmiah untuk menggali teori, konsep, dan praktik terbaik dalam pelaksanaan micro teaching. Hasil analisis menunjukkan bahwa pembelajaran mikro mampu menjadi sarana strategis dalam meningkatkan kemampuan mengajar calon guru melalui latihan terstruktur, umpan balik konstruktif, dan lingkungan belajar yang terkendali. Selain itu, metode ini juga membantu calon guru dalam membangun kepercayaan diri dan mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan. Temuan ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi lembaga pendidikan dalam pengembangan kurikulum dan pelatihan guru yang lebih efektif dan berorientasi pada praktik lapangan.
Copyrights © 2025