Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Kepala Sekolah dalam menciptakan lingkungan kerja yang mendukung pembinaan kompetensi kepribadian guru, untuk mengetahui program kegiatan yang dirancang Kepala Sekolah untuk mendukung pembinaan kepribadian guru, untuk mengetahui tantangan yang dihadapi Kepala Sekolah dalam membimbing dan mengarahkan guru untuk meningkatkan kompetensi kepribadian guru. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah mampu menciptakan lingkungan kerja yang kondusif melalui suasana yang terbuka, nyaman, serta mendorong kolaborasi antar guru. Selain itu, Kepala Sekolah secara aktif merancang dan mengimplementasikan program pembinaan seperti pelatihan manajemen emosi, acara pendidikan karakter, serta kegiatan mentoring dengan melibatkan guru senior. Program-program tersebut memberikan dampak positif terhadap pengembangan aspek kepribadian guru, khususnya dalam hal peningkatan kesabaran, empati, dan kemampuan dalam pengelolaan emosi, yang secara tidak langsung memperkuat kualitas interaksi antara guru dan peserta didik.
Copyrights © 2025