Mudabbir: Journal Research and Education Studies
Vol. 5 No. 2 (2025): In Process

Internalisasi Nilai-Nilai Islami Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Arisa Medan

Abdul Azis (Unknown)
Zainidah Siagian (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses internalisasi nilai-nilai Islami melalui pembelajaran Pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Arisa Medan. Penelitian ini memakai pendekatan kualitatif deskriptif menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam, serta dokumentasi. akibat penelitian membagikan bahwa internalisasi nilai-nilai Islami pada sekolah tersebut dilakukan melalui berbagai program keagamaan mirip Pembiasaan Ibadah Pagi (PIP), tahfidz Al-Qur’an, shalat berjamaah, dzikir, serta kegiatan tausiyah serta kultum. Proses internalisasi mengikuti 3 termin primer, yaitu transformasi nilai, transaksi nilai, serta transinternalisasi nilai, yang melibatkan kiprah aktif guru dan semua masyarakat sekolah. Faktor pendukung internalisasi meliputi visi misi sekolah, kiprah wali kelas, alokasi saat, serta motivasi siswa. sementara itu, faktor penghambat dari berasal kurangnya dukungan famili, pengaruh lingkungan, perkembangan teknologi, dan perbedaan kemampuan serta motivasi siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa internalisasi nilai-nilai Islami melalui pembelajaran PAI sangat efektif dalam membuat karakter religius peserta didik, meskipun masih ada tantangan yang perlu diatasi buat optimalisasi akibat.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

mudabbir

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Mudabbir (Journal Research and Education Studies) is Published by the Association of Indonesian Islamic Education Managers (PERMAPENDIS) North Sumatra. This journal aims to publish and disseminate the results of research and studies on education. Articles published in journals are the results of ...