Kemampuan pemecahan masalah merupakan keterampilan abad ke-21 yang penting dikembangkan, khususnya dalam pembelajaran fisika. Namun, pembelajaran fisika di sekolah cenderung menerapkan metode ceramah dan teacher centered learning, sehingga siswa kurang terlibat dan mengalami kesulitan dalam menyelesaikan masalah. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah di kelas yang menggunakan model Team Games Tournament (TGT) berbasis eksperimen pada pembelajaran fisika. Penelitian menerapkan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu. Penelitian berlangsung di SMP Negeri 1 Kalibawang pada tahun ajaran 2024/2025. Data dikumpulkan melalui pretest, posttest, observasi, dan angket. Pengujian hipotesis dalam penelitian melalui uji N-Gain dan t-test. Penelitian ini mengungkapkan bahwa ada peningkatan kemampuan siswa dalam pemecahan masalah melalui model Team Games Tournament (TGT) berbasis eksperimen. Hal ini didukung dari perolehan skor N-Gain (67%) pada tafsiran cukup efektif serta hasil t-test pada taraf signifikansi 0,05 menghasilkan nilai thitung > ttabel yaitu 9,939 > 2,021 sehingga Ha diterima. Data observasi menunjukan peningkatan kemampuan pemecahan masalah pada setiap indikator. Sebanyak 75% siswa juga memberikan respons positif pada kategori cukup terhadap model pembelajaran.
Copyrights © 2025