Linggau Journal Science Education (LJSE)
Vol. 4 No. 1 (2024): Linggau Journal Science Education

PENERAPAN MODEL AUDITORY INTELECTUALLY REPETITION (AIR) PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 65 SUMBER HARTA

Puspitasari, Widiya (Unknown)
Andriana Sofiarini (Unknown)
Dedy Firduansyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar pembelajaran IPA siswa kelas IV SD Muhammadiyah 65 Sumber Harta dalam penerapan model Auditory Intelectually Repetition (AIR). Metode yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan design One Group Pretes Postest Design. Populasi dan sampel pada penelitian ini seluruh siswa kelas IV SD Muhammadiyah 65 Sumber Harta yang berjumlah 18 orang atau sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes yang berjumlah 8 soal. Teknik analisis data menggunakan uji-z taraf signifikan α = 0,05 dimana Zhitung (12,7) > Ztabel (1,64) Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil analisi data post-test rata-rata hasil belajar IPA siswa setelah diterapkannya model Auditory Intelectually Repetition (AIR) sebesar 90 dan persentase jumlah siswa yang tuntas mencapai 89%. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas IV SD Muhammadiyah 65 Sumber Harta setelah penerapan model Auditory Intelecually Repetition (AIR) signifikan tuntas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ljse

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Linggau Journal Science Education (LJSE) is an open education online journal that can be visited by friends from various institutions. Linggau Journal Science Education (LJSE) is an intermediary for publishing the results of scientific research in a wider environment. The development of the research ...