Mammiri: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 2 No. 2 (2025): Juni 2025

PKM Terpadu: Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek Rill, Kehidupan, dan Teknologi untuk Meningkatkan Kesiapan Siswa SMK Menghadapi Era Metaverse

Pramono, Ashar (Unknown)
Andi Muhammad Irfan (Unknown)
Nurlaela Nurlaela (Unknown)
Muhsin Z (Unknown)
Sudarmanto Jayanegara (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2025

Abstract

Transformasi pendidikan vokasi di era digital memerlukan pendekatan pembelajaran yang mampu menyiapkan generasi muda menghadapi tantangan masa depan, termasuk era metaverse. Artikel ini membahas implementasi program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) terpadu yang mengintegrasikan pembelajaran berbasis proyek rill (real project-based learning), berbasis kehidupan (life-based learning), dan berbasis teknologi (technology-based learning) di lingkungan SMKN 5 Bulukumba. Tujuan utama dari PKM ini adalah meningkatkan kapasitas guru dalam mendesain pembelajaran kontekstual dan meningkatkan kompetensi siswa melalui keterlibatan langsung dalam proyek nyata berbasis teknologi. Program ini dilaksanakan melalui pelatihan guru, pendampingan implementasi pembelajaran, proyek siswa, serta evaluasi dan refleksi. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan keterlibatan dan pemahaman guru dalam integrasi teknologi dalam pembelajaran, serta terciptanya model pembelajaran terpadu yang adaptif terhadap era digital dan metaverse.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

mammiri

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

MAMMIRI: Jurnal Pengabdian Masyarakat merupakan jurnal yang mewadahi hasil-hasil penelitian untuk kepentingan masyarakat. Dengan fokus penerapan hasil-hasil penelitian di bidang ilmu pengetahuan, teknosains, teknologi lingkungan, ilmu pendidikan, tanaman obat dan farmakologi, jurnal ini menjadi ...