Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar
Vol. 6 No. 1 (2025): Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar

Peningkatan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning di Sekolah Dasar

Astuti, Nopri (Unknown)
Susiloningsih, Esti (Unknown)
Putri, Anesa Merlinda (Unknown)
Fathurohman, Apit (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V Sekolah Dasar melalui penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Subjek penelitian adalah 37 siswa, terdiri dari 19 siswa putra dan 18 siswa putri. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Sebelum tindakan, ketuntasan belajar hanya mencapai 54% atau 6 siswa. Setelah penerapan CTL pada siklus I, ketuntasan meningkat menjadi 51% atau 19 siswa. Kemudian, pada siklus II meningkat signifikan menjadi 86% atau 32 siswa. Hal ini menunjukkan bahwa pendekatan CTL efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada tema 6 subtema 3 tentang pengaruh kalor terhadap kehidupan di kelas, yang ditandai dengan meningkatnya ketuntasan belajar secara klasikal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JPGSD

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar published by the Universitas Pelita Bangsa. This journal publishes scientific papers that discuss the results of research studies and literature reviews as well as the latest issues and trends that occur in elementary school science studies. This journal is published ...