Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif
Vol. 7 No. 2 (2025): (Mei)

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING(PBL) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI TRANSMISI MANUAL SISWA KELAS XI TKRO 2 SMK NASIONAL MALANG

Mahendra, Erlangga Rachma (Unknown)
Partono (Unknown)
Syaiful (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI TKRO 2 SMK Nasional Malang pada kompetensi sistem transmisi manual melalui implementasi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang didukung media interaktif Quizizz. Latar belakang penelitian adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran sebelumnya yang cenderung konvensional dan kurang melibatkan teknologi. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, masing-masing meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan meliputi post test, dokumentasi, dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa secara signifikan. Pada pra-siklus, rata-rata nilai siswa sebesar 57,08 dengan ketuntasan 0%. Setelah siklus I, rata-rata meningkat menjadi 75,83 dengan ketuntasan 75%. Pada siklus II, rata-rata nilai mencapai 85 dengan ketuntasan 96%. Implementasi PBL dengan media Quizizz terbukti efektif dalam meningkatkan keterlibatan aktif siswa, kemampuan berpikir kritis, dan hasil belajar pada materi transmisi manual. Dengan demikian, model ini direkomendasikan untuk diterapkan secara lebih luas dalam pembelajaran vokasional yang menuntut keterampilan analitis dan praktis siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpvo

Publisher

Subject

Humanities Automotive Engineering Education Energy Transportation

Description

Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif dipublikasikan dua kali dalam setahun pada bulan Mei dan November oleh Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif bertujuan untuk mempromosikan secara komprehensif kajian teoritik dan empirik ...