Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI TKRO 2 SMK Nasional Malang pada kompetensi sistem transmisi manual melalui implementasi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang didukung media interaktif Quizizz. Latar belakang penelitian adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran sebelumnya yang cenderung konvensional dan kurang melibatkan teknologi. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, masing-masing meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan meliputi post test, dokumentasi, dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa secara signifikan. Pada pra-siklus, rata-rata nilai siswa sebesar 57,08 dengan ketuntasan 0%. Setelah siklus I, rata-rata meningkat menjadi 75,83 dengan ketuntasan 75%. Pada siklus II, rata-rata nilai mencapai 85 dengan ketuntasan 96%. Implementasi PBL dengan media Quizizz terbukti efektif dalam meningkatkan keterlibatan aktif siswa, kemampuan berpikir kritis, dan hasil belajar pada materi transmisi manual. Dengan demikian, model ini direkomendasikan untuk diterapkan secara lebih luas dalam pembelajaran vokasional yang menuntut keterampilan analitis dan praktis siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025