J-CEKI
Vol. 4 No. 4: Juni 2025

Optimalisasi Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Peningkatan Mutu Pendidikan di Pendidikan Profesi Guru (PPG)

Frisnoiry, Suci (Unknown)
Muliawan Firdaus (Unknown)
Trisnawati Hutagalung (Unknown)
Irham Ramadhani (Unknown)
Marlan, Marlan (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jun 2025

Abstract

Pembelajaran berdiferensiasi merupakan pendekatan inovatif yang dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran dengan menyesuaikan metode, materi, dan evaluasi berdasarkan kebutuhan individu siswa. Pelatihan Optimalisasi Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Peningkatan Mutu Pendidikan yang diselenggarakan di Universitas Negeri Medan bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan dosen dalam merancang serta mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi. Hasil pelatihan ini menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi berkontribusi terhadap peningkatan kompetensi dosen dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang lebih inklusif dan adaptif, yang pada akhirnya berimplikasi pada peningkatan mutu pendidikan. Pembelajaran Berdiferensiasi Implementasi pembelajaran berdiferensiasi memiliki beberapa implikasi signifikan dalam dunia pendidikan diantaranya meningkatkan kualitas dosen, mendukung pembelajaran inklusif, meningkatkan motivasi dan partisipasi mahasiswa, mempersiapkan calon guru yang lebih adaptif dan meningkatkan mutu pengajaran

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

J-CEKI

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. J-CEKI terbit 6 kali dalam setahun atau tiap 2 bulan sekali. J-CEKI menerbitkan artikel bidang Humaniora dan Ilmu Sosial. Humaniora: Bahasa dan Linguistik, Sejarah, Sastra, Seni Pertunjukan, Filsafat, Agama, Seni Rupa. Ilmu ...