MENTARI : Journal Of Islamic Primary School
Vol 3 No 2 (2025): June 2025

Tantangan Mempertahankan Profesionalisme di Tengah Dinamika Pendidikan

Nugraha, Muthia Hanifa (Unknown)
Rivaldi, Muhamad (Unknown)
Salsabilah, Lulu (Unknown)
Yudistira, Muhamad Bambang (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Manusia sebagai Homo Educandum, di mana guru yang memegang peran kunci dalam keberhasilan proses pembelajaran dan pembentukan karakter dalam pendidikan. Namun, di tengah dinamika pendidikan yang terus berkembang, guru menghadapi berbagai tantangan dalam mempertahankan profesionalismenya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tantangan-tantangan tersebut, termasuk perubahan kurikulum, integrasi teknologi digital, dan keberagaman peserta didik, serta strategi yang dapat diimplementasikan untuk meningkatkan profesionalisme guru. Pendekatan penelitian yang diterapkan merupakan studi literatur, dilakukan dengan cara menghimpun dan menelaah berbagai sumber informasi terpercaya seperti jurnal, buku, dan dokumen kebijakan pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru perlu meningkatkan kompetensi pedagogik, adaptasi teknologi, dan pendekatan inklusif untuk memenuhi tuntutan pendidikan yang dinamis. Rekomendasi yang disampaikan meliputi pelatihan berkelanjutan, kolaborasi antar guru, serta penguatan empat prasyarat profesionalisme guru menurut Samani. Dengan demikian, profesionalisme guru yang terjaga akan berdampak positif pada kualitas pendidikan dan masa depan generasi bangsa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ment

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Mentari : Journal of Islamic Primary School is a double-blind peer-reviewed journal published by the Study Program of Education for Islamic Elementary School Teachers , Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Miftahul Ula Kertosono Nganjuk. The journal publishes research articles of Islamic primary ...