Tingkat keterampilan gerak dasar pada anak sekolah dasar seringkali belum maksimal karena kurangnya pendekatan pembelajaran yang menarik dan interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk menggali cara teknologi interaktif dapat diterapkan dalam pembelajaran gerak dasar di sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah tinjauan pustaka (literature review) yang bertujuan untuk mengidentifikasi, menganalisis, dan menyintesis berbagai sumber ilmiah terkait dengan inovasi teknologi interaktif untuk meningkatkan keterampilan gerak dasar pada anak sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi teknologi interaktif seperti Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) dapat meningkatkan keterampilan gerak dasar anak. Penerapan teknologi interaktif dalam pembelajaran gerak dasar memberikan pengalaman belajar yang menarik dan efektif, memungkinkan siswa untuk berlatih keterampilan motorik dasar secara imersif, mendapatkan umpan balik langsung, serta memperbaiki teknik gerakan secara visual. Penelitian ini diharapkan dapat mendorong pengembangan lebih lanjut dalam inovasi teknologi interaktif demi tercapainya kualitas pendidikan yang lebih baik
Copyrights © 2025