Pada Era Revolusi Industri 4.0 saat ini, teknologi semakin berkembang pesat. Teknologi dalam dunia pendidikan pun berkembang pesat, berbagai inovasi dalam pendidikan telah diterapkan pada semua jenjang pendidikan. Kahoot merupakan salah satu aplikasi pembelajaran interaktif yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran maupun sebagai media assesmen pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan Kahoot sebagai media assesmen pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif melalui pendekatan Literature Review/ studi kepustakaan. Literature Review dipilih untuk mengetahui efektivitas aplikasi Kahoot sebagai media assesmen pembelajaran. Data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari hasil-hasil penelitian yang sudah dilakukan dan diterbitkan jurnal online nasional maupun internasional dan prosiding ilmiah. Berdasarkan analisis terhadap 15 penelitian terpilih yang diterbitkan antara tahun 2020 sampai 2024, aplikasi Kahoot terbukti efektif sebagai media assesmen pembelajaran. Kahoot juga terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini disebabkan karena tampilan kuis Kahoot menarik, seru dan menantang, serta waktu pengerjaan setiap soal yang dapat mendorong siswa untuk konsentrasi, berpikir cepat dan menjawab dengan tepat. Kahoot memberikan hasil secara real time sehingga siswa dan guru dapat mengetahui point/nilai yang diperoleh siswa setelah siswa selesai mengerjakan dan guru dapat memberikan umpan balik secara langsung.
Copyrights © 2025