Research in Science and Mathematics Education
Vol. 2 No. 1 (2025): RISEME APRIL 2025

Pengaruh Pengunaan Media Augmented Reality Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pangkalpinang

Oktaviana, Selly (Unknown)
Kurnia, Feni (Unknown)
Meifinda, Yorenza (Unknown)
Elinich, Karen (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Tujuan - Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya pemahaman siswa terhadap konsep daur hidup hewan terlihat dari nilai harian siswa yang belum mencapai kriteria ketuntasan maksimal (KKM) yaitu 75. Tujuan penelitian ini untuk menguji media Augmented Reality apakah berpengaruh atau tidak terhadap pemahaman siswa pada materi konsep Daur Hidup Hewan. Metode - Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian intact group comparation.  Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 30 orang yang dibagi menjadi dua kelompok eksperimen dan kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes. Teknik analisis data yaitu yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji independent sample t-test. Hasil - Uji hipotesis menghasilkan sign. (2-tailed) 0,000 (<0,05), mengonfirmasi pengaruh signifikan AR terhadap pemahaman siswa. Temuan - Observasi menunjukkan peningkatan antusiasme dan interaksi aktif selama pembelajaran berbasis Augmented Reality. Kesimpulan - Media AR efektif meningkatkan pemahaman konsep daur hidup hewan dan dapat diadopsi sebagai alternatif inovatif dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

riseme

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Journal Research in Science and Mathematics Education is a forum for communicating scientific advances in Mathematics Education, Science Education, Physics Education, Biology education, and Chemistry Education. The journal emphasizes studies on innovative teaching methods, the integration of ...