Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis cerita imajinatif siswa sekolah dasar melalui pendekatan berbasis imajinasi. Dengan melibatkan 15 siswa kelas III.C di SDN Melayu Muhammadiyah Makassar, pelatihan dilakukan secara bertahap mulai dari penggalian ide, penyusunan alur, penulisan draf, revisi, hingga presentasi karya. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi, analisis karya tulis, dan tes pemahaman. Hasil menunjukkan bahwa 77% siswa berada pada kategori baik dalam menulis cerita, terutama dalam aspek kreativitas dan orisinalitas, serta pemahaman terhadap unsur cerita mencapai rata-rata 80%. Meskipun masih ditemukan kelemahan dalam struktur alur dan unsur latar, kegiatan ini terbukti efektif dalam meningkatkan kepercayaan diri, kemampuan berpikir kritis, dan ekspresi tertulis siswa. Temuan ini menunjukkan pentingnya integrasi pembelajaran kreatif dalam penguatan literasi di jenjang pendidikan dasar.
Copyrights © 2025