Masokan: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Vol. 5 No. 1 (2025): June 2025

STATUS SOSIAL EKONOMI PESERTA DIDIK DENGAN PERFORMA AKADEMIK: AKANKAN BERHUBUNGAN ATAU BERTOLAK BELAKANG?

Muzaki, Alfian Nur (Unknown)
Fadholi, Lukman (Unknown)
Rohana, Putri Ayu (Unknown)
Riseva, Stella Dea (Unknown)
Wijaya, Tri Wisnu Hadi (Unknown)
Mardiyana, Isna Ida (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

The academic success of students is often linked to various factors, including their parents' socioeconomic status (SES). This study aimed to examine the relationship between SES and the academic performance of students in class 2B UPTD SDN Pangeran 3 in English and mathematics, and to identify other factors influencing academic success. The research adopted a qualitative methodology with triangulation techniques. Findings indicated that while SES significantly impacts students' academic achievement, other factors such as parental involvement, motivation to learn, and environmental influences also play a role. The study revealed that in class 2B UPTD SDN Pangeran 3, some students with low SES can achieve high academic results. In contrast, students with high SES may struggle academically due to a lack of parental supervision and uncontrolled technology use. Consequently, this study emphasizes the need for a comprehensive approach to enhance students' academic achievement. Keberhasilan akademik peserta didik seringkali dikaitkan dengan beberapa faktor termasuk status sosial ekonomi (SES) orang tua. Tujuan penelitian yang dilaksanakan yaitu mengetahui korelasi antara SES dengan prestasi akademik peserta didik di kelas 2B UPTD SDN Pangeranan 3 mata pelajaran Bahasa Inggris dan matematika, serta mengidentifikasi faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi keberhasilan akademik. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik triangulasi. Penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa meskipun SES berperan penting dalam menentukan prestasi akademik peserta didik, tetapi terdapat faktor-faktor lain yang berkontribusi, seperti keterlibatan orang tua, motivasi belajar, dan pengaruh lingkungan. Penelitian ini menunjukkan bahwa pada kelas 2B UPTD SDN Pangeranan 3 diketahui beberapa peserta didik dengan SES rendah mampu mencapai prestasi akademik tinggi, sedangkan peserta didik dengan SES tinggi mengalami kesulitan belajar disebabkan kurangnya pengawasan orang tua dan penggunaan teknologi yang kurang terkontrol. Oleh karena itu, penelitian ini menyoroti pentingnya pendekatan secara menyeluruh dalam meningkatkan keberhasilan prestasi akademik peserta didik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ojsdatamasokan

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Health Professions Other

Description

Jurnal ini diterbitkan oleh Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja. Masokan dalam Bahasa Toraja artinya anugerah atau kemurahan, dapat juga diartikan sebagai kebaikan. Konsepnya, pengetahuan dimaknai sebagai anugerah atau kemurahan yang diberikan Allah kepada manusia, agar manusia dapat ...