Borobudur Educational Review
Vol 5 No 1 (2025)

Pengembangan media Monopoli berbasis HOTS dan Profil Pelajar Pancasila pada materi ekosistem di Sekolah Dasar

Ningsih, Anissa Fitri (Unknown)
Fatmaryanti, Siska Desy (Unknown)
Ngazizah, Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk. mengembangkan. media pembelajaran berbasis HOTS dan profil pelajar pancasila serta mengetahui kelayakan. media. yang dikembangkan. Metode yang dipakai yaitu R&D dengan. model ADDIE, dengan langkah-langkah analisis, desain, pengembangan, penerapan, evaluasi. Subjek penelitian yaitu murid kelas V SD N Kunir berjumlah 12 murid. Analisis data yang digunakan analisis validitas, kepraktisan dan keefektifan. Hasil penelitian didapat data validitas produk 3,6 “Sangat Valid”, hasil kepraktisan 3,6 “Sangat Praktis”, hasil keefektifan 0,62 “Efektif”. Berdasarkan nilai yang diperoleh dapat disimpulkan. Media Pembelajaran Monopoli. Berbasis. HOTS dan Profil Pelajar Pancasila Pada Materi Ekosistem “layak” untuk diaplikasikan sebagai. media pembelajaran. pada jenjang sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

bedr

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Aims BEDR is a peer-reviewed Journal of educational Studies published by Universitas Muhammadiyah Magelang. This journal published biannually and provides a forum for publishing the original research articles, review articles, and case study on the scope. This journal is issued twice a year and it ...