Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 10 No. 2 (2025): Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

PENGUKURAN YANG TEPAT DARI UKURAN GEJALA PUSAT: STUDI KASUS PERSEPSI MAHASISWA SARJANA

Tampa, Alimuddin (Unknown)
Assaaf, Said Fachry (Unknown)
Hasan, Nursakilah (Unknown)
Alimuddin, Fauziyyah (Unknown)
Ikram, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2025

Abstract

Ukuran pemusatan data digunakan dalam berbagai sektor, seperti politik, kesehatan, pendidikan, bisnis dan lain-lain. Terdapat tiga ukuran pemusatan data yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, yaitu mean, median, dan modus. Ketiga ukuran pemusatan data tersebut memiliki kegunaannya masing masing. Namun masih sering ditemui kesalahan dalam menggunakan ukuran pemusatan data. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan dan pemahaman mahasiswa dalam memilih ukuran pemusatan data yang paling sesuai. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan wawancara. Penelitian ini melibatkan 100 mahasiswa matematika yang telah mempelajari matakuliah statistika dasar. Analisis data mencakup kondensasi data, penyajian data, serta kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan secara umum mahasiswa telah mengetahui konsep rata-rata, median, dan modus. Namun mahasiswa belum mampu memilih ukuran pemusatan data yang paling sesuai. Salah satu faktor penyebabnya adalah mahasiswa tidak memperhatikan sebaran data dalam menentukan ukuran pemusatan data yang paling sesuai, namun mengacu pada pemahamannya masing-masing. Adapun kelompok mahasiswa yang memilih rata-rata berpandangan rata-rata lebih representatif karena melibatkan semua data dalam operasinya. Kelompok mahasiswa yang memilih median berpandangan median lebih representatif karena median merupakan nilai tengah. Sedangkan kelompok mahasiswa yang memilih modus berpandangan modus lebih representatif karena merupakan nilai yang sering muncul dalam kumpulan data. Sedangkan kelompok lain berpandangan bahwa ukuran pemusatan data yang memiliki nilai yang paling tinggi merupakan nilai yang paling representatif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pedagogy

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal ini bertujuan untuk menyediakan wadah bagi akademisi, peneliti, dan praktisi untuk menerbitkan artikel penelitiannya. Ruang lingkup artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini membahas berbagai topik yang terkait dengan pembelajaran ...