Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 10 No. 2 (2025): Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

PENGARUH PERMAINAN LOMPAT ANGKA PEMBELAJARAN MATEMATIKA OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS 1

Septi Wulandari (Unknown)
Misdalina (Unknown)
Sunedi (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Permainan Lompat Angka Pembelajaran Matematika Operasi Hitung Penjumlahan Dan Pengurangan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 1 SD Negeri 136 Palembang. Populasi penelitian ini adalah seluruh selas I semester genap tahun pelajaran 2024/2025. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas I A sebagai kelas kontrol dan siswa kelas I B sebagai kelas eksperimen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan design Pretest-Posttest Control Group Design. Dalam design ini terdapat dua kelompok yang dipilih secara random. Hasil penelitian ini dibuktikan dengan uji hipotesis yaitu thitung = -2.274 > ttabel = 2,008. Sesuai dengan kriteria pengujian hipotesis jika thitung > t tabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian ada Pengaruh Permainan Lompat Angka Pembelajaran Matematika Operasi Hitung Penjumlahan Dan Pengurangan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 1.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pedagogy

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal ini bertujuan untuk menyediakan wadah bagi akademisi, peneliti, dan praktisi untuk menerbitkan artikel penelitiannya. Ruang lingkup artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini membahas berbagai topik yang terkait dengan pembelajaran ...